Analisis Kasus Ayam Geprek Bensu Vs I Am Geprek Bensu Terhadap Pelanggaran Etika Bisnis

Pelanggaran etika bisnisnya


Dari kasus ini saya menyimpulkan kalau Ayam Geprek Bensu telah melanggar etika bisnis berkenaan dengan pencurian/peniruan hak merek dagang, Memaksakan kehendak dan egois. Merekapun sepertinya lebih memilih untuk tidak mengaplikasikan teori etika keutamaan (menurut teori ini etis atau tidaknya suatu prilaku adalah jwaban dari hati nuraninya sendiri). 


Geprek Bensu Ruben Onsu www.PricelessTrust.com



Tanggapan atas pelanggaran etika bisnisnya


Sudah jelas dari kronologi yang dijelaskan pada artikel di bagian bawah BAB ini menyebutkan bahwa Ruben Onsu tidak bisa seenaknya mengklaim bahwa nama BENSU adalah miliknya hanya karena ia merupakan seorang artis papan atas di Indonesia. Namun nama merek usaha BENSU secara hukum merupakan milik PT Ayam Geprek Benny Sujono, yang memiliki usaha kuliner I Am Geprek Bensu yang telah pertamakali memakainya. 

Ruben Onsu dengan merek usahanya bernama Ayam Geprek Bensu sepertinya terlalu memaksakan kehendak untuk memiliki nama usaha BENSU seutuhnya hanya karena BENSU adalah singkatan dari namanya sendiri yaitu Ruben Onsu. Ia tidak menghiraukan etika bisnis dimana merek dagang seseorang itu sangat dilindungi dan memiliki kekuatan hokum yang kuat sehingga tidak bisa sembarangan ditiru atau diklaim miliknya tanpa bukti yang kuat. Terlebih dari kronologi kasusnya juga sudah jelas bahwa awalnya Ruben Onsu ditunjuk sebagai salah satu duta promosi gerai I Am Geprek Bensu yang merukapan Usaha kuliner yang dirintis oleh Yangcent, Stefani Livinus dan Kurniawan

Sebagai informasi tambahan bawhawa ternyata Jordi Onsu yang tidak lain adalah adik dari Ruben Onsu pernah menjadi bagian dari usaha kuliner I Am Geprek Bensu. Ia kala itu menjabat sebagai manajer operasional paling tidak sampai bulan Juli 2017.

Saran terhadap pelanggaran etika binis


Apabila pihak Yangcent, Kurniawan, dan Stefani Livinus (I Am Geprek Bensu) akhirnya melarang pemakaian BENSU pada usaha milik Ruben Onsu, lebih baik Ruben Onsu legowo saja. Toh ia bisa mengubahnya menjadi misalkan Ayam Geprek Ruben Onsu atau Ayam Geprek Onsu Family sesuai dengan nama channel youtubenya. Ia merupakan seorang artis terkenal, jadi sangat mudah untuk mempromosikan nama baru, atau memakai Namanya sendiri untuk setiap usaha yang ia jalankan. Jangan memaksakan kehendak dan terlalu egois untuk bersikeras mengkalim nama merek dagang yang secara hukum sudah sah menjadi milik orang lain.

Baca Juga:

Comments

Popular posts from this blog

6 Amazing Facts About Australia

9 Interesting Facts About Slovakia