Anak Lesti Kejora dan Rizky Billar Dioperasi Karena Menderita Penyakit Hernia, Sebenarnya Apa itu Penyakit Hernia pada Bayi dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya ?

Sedih rasanya mendengar kabar kalau Anak pertama dari pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar yang bernama Muhammad Al-fatih Leslar diakabarkan menderita penyakit Hernia di usianya yang masih bayi dan harus menjalani operasi hernia di rumah sakit. Apa itu hernia pada anak? dan apa saja penyebabnya? Serta bagaimana cara untuk mencegahnya?

Menurut DR. Sung, Hernia merupakan kondisi dimana organ dalam pada tubuh manusia mencuat atau keluar sebagian dari otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang mengalami kelemahan atau ototnya belum kuat sempurna. Jenis organ yang biasanya mengalami hernia atau keluar tadi adalah adalah usus.

Hernia pada Baby L (Al-fatih Leslar) www.PricelessTrust.com


Sehingga penyakit Hernia pada anak bisa disimpulkan sebagai suatu kondisi dimana adanya sebuah rongga atau lubang di dalam tubuh anak yang terbuka sehingga ada bagian dalam tubuh atau organ tubuh lain di suatu rongga yang bisa keluar dan masuk ke rongga yang lain itu. Pada umumnya adalah usus yang keluar dari jalurnya baik itu di arah lipatan paha maupun di dekat pusar. Faktanya bayi-bayi sangat rentan terserang penyakit hernia ini, terutama pada bayi yang lahir secara prematur seperti halnya anak pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar yakni Baby Al-Alfatih. 

Sekurang-kurangnya ada dua hal yang menjadi penyebab utama terjadinya hernia. Penyebab yang pertama adalah disebabkan karena lemahnya dinding otot yang berfungsi sebagai penahan organ usus tadi. Hal ini bisa disebabkan karena bayi lahir premature atau pada manusia yang sudah berusia tua, kemudian bawaan lahir, terutama pada daerah diafragma  dan umbilikus. Selain itu, Hernia juga dapat muncul pada mereka mereka yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes, batuk kronis dan penyakit-penyakit lainnya.

Penyebab hernia yang kedua adalah disebabkan oleh tekanan yang terlalu besar di bagian organ tertentu. Biasanya tekanan di dalam intra abdominal yang terjadi akibat sering mengangkat barang yang berat (untuk kasus pada orang dewasa) dan juga sering mengedan (untuk kasus pada bayi) serta berpeluang juga diderita oleh wanita hamil yang tentunya akan menimbulkan tekanan yang besar di dalam perut selama masa kehamilannya berlangsung, Peningkatan berat badan yang drastic juga bisa menimbulkan tekanan berlebihan pada organ tertentu yang akan menyebabkan hernia serta kondisi ketika sedang menderita penyakit tertentu semisal bersin-bersin dalam jangka panjang dan Seperti batuk-batuk.

Penyebab hernia yang ketiga adalah adanya penumpukan cairan di dalam rongga perut.

Gelaja Umum dari Penyakit Hernia?

Sebenarnya gejala hernia yang ditimbulkan untuk setiap orang adalah berbeda-beda, sangat tergantung pada lokasinya muncul dimana. Namun, pada umumnya, gejala hernia biasanya muncul di bagian lipatan paha yang tiba-tiba terdapat benjolan tidak normal dan biasanya hilang timbul. 

Cara Menyembuhkan Hernia ?

Ketika terjadi penyakit hernia, sangat disarankan untuk melakukan operasi hernia. Karena pada dasarnya di balik benjolan teresbut ada sebagian usus atau jaringan lemak yang keluar atau mencuat melalui pintu hernia yang apabila dibiarkan akan terus parah dan menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu melakukan operasi pemotongan dan penjahitan hernia adalah sangat direkomendasikan bagi anda supaya penyakit hernia yang anda derita tidak semakin memburuk.

Baca Juga:

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Kasus Ayam Geprek Bensu Vs I Am Geprek Bensu Terhadap Pelanggaran Etika Bisnis

6 Amazing Facts About Australia

9 Interesting Facts About Slovakia